Beranda | Artikel
Adab Berhutang dan Menghutangi - Bagian ke-1 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 15 Oktober 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-1)

Sebuah hal yang patut kita perhatikan dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu kita di dunia diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk beribadah. Dengan ibadah tersebut, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menerima ibadah kita. Dan akhirnya, dengan ibadah tersebut, kita mendapatkan ganjaran pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang salah satu penyebab seorang manusia mendapatkan surga Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah dengan banyaknya ganjaran pahala yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepada seorang hamba. Mmeskipun kita meyakini semua hamba yang masuk ke dalam surga murni atas rahmat dan keputusan Allah Subhanahu wa Ta’ala, tetapi salah satu penyebab seseorang masuk ke dalam surga adalah disebabkan amal ibadah yang berbuah pahala tersebut. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

… ادْخُلُواْ الْجَنَّةَ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ (النحل: ٣٢)

“… Masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan.” (QS An-Nahl [16]: 32)

Oleh karenanya, kita di dunia sangat perlu dan butuh untuk mengumpulkan pahala begitu banyak.

Pemandangan sangat menyedihkan adalah apabila seorang Muslim, dia setelah mengumpulkan pahala begitu banyak, akibat sebuah kedzaliman yang dia lakukan, maka pahala-pahala yang bergunung-gunung tadi habis, sehingga dia menjadi orang yang bangkrut pada hari kiamat. Di sinilah kita akhirnya mengetahui kenapa Allah Subhanahu wa Ta’ala mengharamkan kedzaliman, sebagaimana dalam hadits qudsi, Allah berfirman:

يا عبادي إني حرمت الظلم على نفسي وجعلته بينكم محرما فلا تظالموا

Mari kita download rekaman ceramah agama tematik tentang “Adab Berhutang” sekaligus “Adab Menghutangi” agar kita bukan termasuk orang-orang yang berbuat dzalim. Aamiin.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin – Adab Berhutang dan Menghutangi (Bagian ke-1)

Ayo share ke Facebook, Twitter, dan Google+, cukup mudah dengan menggunakan tombol-tombol di bawah ini. Insya Allah berpahala atas penyebaran kebaikan ini!


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/8712-adab-berhutang-dan-menghutangi-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/